Monday, April 23, 2007

Apricot Pie

Secara ngga sengaja,pie yang baru dibikin kemaren,ternyata jatuh kebalik.gara2 gw nyimpen dikulkasnya ngga bner.Hubby yang kebetulan buka kulkas,langsung kaget,ngeliat pie nya udah kebalik :( ngga papa,masih ada sisa dikit yang bersihnya,aku makan aja.Jadi nya hari ini coba bikin pie (again!) :)....kali ini apricot pie.Sempet bingung,kok diresep dipanggangnya 20 menit pertama di 200 C then,turn ke 180 C selama 1.5 jam! waakk lama bgt!kaga salah...tapi gw ngga pede gtu.gw liat2 aja trus dikaca oven...hufff...ampir aja burn,kelamaan manggang,karena udah mulai coklat.Tapi kaya nya,tengahnya sedikiiit lg ada yng blon mateng..hmm kaya nya nie,ini emang salah gw.Gw masih belum kenalan ama ni oven. Tp dr experience ini,gw jd agak2 nyambung skrng ama ni oven.Maybe..maybe...bener kata tuh resep dipanggang ampe selama itu,tapiii...untuk nge-set oven kaya gw punya (gw pake oven listrik) untuk 20 menit pertama diset atas bawah burn.Then setelah diturn ke 180C di set ke burn bagian bawah aja,and dimoving loyang nya ke rak lebih rendah biar deket kesumber panas.Mungkin aja kaya gitu ya analogi gw...bakal gw buktiin deh next time kl bikin lg.En hasilnya bakal gw ceritain.Mungkin bisa jadi inspirasi men-temenz yang pernah punya pengalaman sama.Ataw juga mungkin ada yg bisa kasih masukan soal ini,bagi yang pernah ngalamin...pls share! :)aniwei,kue nya enak kok (membela diri :P ).Inget aja,practice makes expert.

*Source : Kumpulan resep pribadi


*Bahan Kulit:
315 gr tepung terigu (diayak)
35 gr gula halus
205 gr mentega/margarin
2 butir kuning telor
3 sdm air dingin

*Bahan Isi:
2 sdm selai aprikot
400 gr aprikot kalengan,belah dua,tiriskan
40 gr cherry (belah dua)
100 gr mentega
100 gr gula pasir halus
2 butir telor
25 gr tepung self-raising (diayak)
50 gr kacang mete/almond (dihaluskan)
1 buah jeruk lemon (parut kulitnya)
2 sdm susu
25 gr almond kupas


*Cara Membuat:
- Remas-remas tepung dan mentega.Kocok kuning telor dan air dingin,tambahkan kecampuran tadi.Campur rata lalu bulatkan dan simpan tertutup dalam lemari es.
- Gilas adonan dan lapisi loyang bundar (garis tengah 23 cm) dengan adonan.Tusuk2 dasar kue
- Olesi adonan dengan selai. Taruh cherry dalam belahan aprikot,atur dalam loyang,bagian terpotong dibawah
- Isi: kocok mentega dan gula hingga lembut dan mengembang.Masukkan telor satu per satu.Masukkan kacang mete,kulit jeruk dan susu. Tuang kedalam loyang. Taburi kacang almond.Panggang 20 menit dalam oven 200C yang telah dipanaskan sebelumnya. Kecilkan api hingga 180C,panggang lagi selama 1,5 jam hingga renyah dan mateng

No comments: