Saturday, April 21, 2007

Fruit Pie

Secara inget sama jajanan kalo ke bdg,yang emang tempatnya makanan,suka ngiler kalo liat fruit pie yang kecil2.Kuningnya and buah2nya itu loh menggoda abes,kebetulan gw nya emang doyan yang rasa2 fla kuning getu.Baru tau,ternyata itu terbuat dr custard flour.Sebelumnya mana tau kaya apa,eh ngga tau nya hubby yang tau! hehe...hebat juga hubby.Katanya emang biasa dipake buat bikin dessert...oh gitu (ngangguk2).Nyari2 di foreign shop,ternyata ngga gampang alias suseh.keliling sana sini,dapetnya di Turkey shop.Soalnya di norwegian shop,ngga ada yang jual,orang norway emang susah kalo soal kuliner,ngga 'kaya' akan food socialize.Konon,jaman dulu orang sini cuman tau ama salad dan burger2an,tp sejak br beberapa tahun silam,pas udah banyak mulai foreigner dateng kenegri ini,and orang sini juga udah banyak yang jalan2 ke luar dr norway (alias kedaerah yang culinary art-nya kaya,seperti spain dll)...br deh disini mulai banyak tasty food.Makanya sekarang,banyak bertebaran,makanan thai,china,arab dll.Mudah2an oneday ada indo food juga disini.Balek ke soal custard flour,aku nemuin yang kebetulan merk Bird(aku baca di suatu blog,eh trnyata merk ini yang paling ok) wah syukur banget deh.

Akhirnya,besokkan langsung praktek bikin ini.Hubby bantuin didapur,ngaduk2 adonan ampe bikin saus fla-nya.tapi,berhubung ngga punya cetakan pie kecil,ya udah bikin di loyang gedean.Tapi maklum,masih belajar,bentuknya ngga kaya pie..hihi...itu juga adonannya sempet kurang untuk dibentuk diloyang gede,untung ada loyang aluminium yang kecilan.So,pas udah jadi,hmmm harum niaannn....ngehiasnya jg binun..hehe ini bikin pie ngga niat kali yee,klupaan beli jeruk kalengan buat topping.Hubby malah belinya sunkist (lha,susah atuh buat topping).Ah yang penting sukses lha...secara ngga pernah bikin.Lumayan kan buat experience yang pertama.Sukses terus..kalo mau,moon maap,bikin ndiri yee ....hihi (jk!)


*Source : Majalah Kartini

*Bahan Kulit :
1 kuning telur
50 gr gula halus
225 gr tepung terigu
120 gr mentega/margarin
*Bahan Isi :
250 ml susu cair
150 gr gula pasir
50 gr tepung custard, larutkan dengan sedikit susu (bisa diganti dengan tepung maizena)
1 kuning telur, kocok lepas
1 sdm rhum, jika suka
Aneka buah-buahan (kiwi, strawberry, leci, jeruk mandarin kalengan, peach), potong-potong sesuai selera

*Cara Membuat:
- Kulit : Campur tepung terigu, mentega dan gula pasir dalam wadah. Remas-remas dengan ujung jari sampai berbutir-butir, masukkan kuning telur, aduk hingga rata dan kalis.
- Gilas adonan setebal ½ cm dan cetak di cetakan pai mini yang sudah diolesi margarin, tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu, taruh di dalam loyang lalu oven hingga matang, angkat lalu dinginkan.
- Isi : Didihkan susu dan gula sambil diaduk, lalu kecilkan api. Masukkan tepung custard, aduk terus hingga mengental. Ambil 1 sendok sayur adonan isi, lalu tuang ke kocokan telur aduk hingga rata, tuang kembali adonan tersebut ke panci, aduk rata dan masak sampai meletup-letup. Angkat dan dinginkan. Beri rhum, aduk rata.
- Tuang isi ke dalam kulit pie, lalu susun aneka potongan buah-buahan diatasnya. Lebih enak jika pie didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es selama 30 menit, lalu sajikan.


No comments: