Wednesday, April 11, 2007

Kue Putri Salju-Mete


Sumber Resep: Majalah Femina

Kue lagi..kue lagi...yapp!!hehe...kali ini kue Kering(cookies).Yang gampang2 aja bikin and bahannya.Ini Percobaan bikin kue kering yang pertama.Dan kue ketiga yang hadir at my 'Home Culinary'. Resep asli nya kacang mete-nya 200 gr.Aku kurangin aja,biar ngga terlalu kalori.Dan manggang kacang mete-nya jangan lama-lama ya,soalnya kalo ampe coklat2 item gitu,ntar rasa kue nya jadi pait.

Eh adonan ku dah jadi nehh.Wokehhh,tinggal digiling2 tipis trus dicetak...gilingnya jangan tebel2 yak..biar merata matengnya.Loyang pertama masuk oven!...setelah 15 menitan...loh,kok bau angus ya..."honey,what's smell is that?"..hubby asking me...aku cek deh ovennya...waakkk kuenya angus bagian bawah...huk..huk...'my god,sayang,of course it will b like this,u put the cookies in low rack and u set the oven like this" kata suamiku smbil nunjuk2 oven.weiks tnyata ovennya aku set burn bagian bawah ajah,and aku taro cookies juga di rak rendah,Pantes!!...ya udah,aku ganti ama loyang kedua,aku set ovennya jadi burn atas-bawah dan aku pindahin cookiesnya di tengah2.haduuhh mudah2an nyang ini berhasil yahh.

ditunggu..tunggu...yap akhirnya mateng loyang ke2!!.diangkat...trus..dicoba..huff!huff! panas boo..hihi kasian hubby yg nyobain!...and then..."hmmm good..enakk!" hubby says...yeahhh....I did it! I did it!...my first cookieku.Aku coba ah..penasaran...apalagi pak gula halus...yess! ternyata emang enak dan renyah kue nya.hahaha lumayan buat stock kue dirumah dan suami pun ampe bawa ke kantor untuk snack, kata nya mau disuruh nyobain temen kantornya...hehe aku si ngangguk2 malu aja,ngga pede gitu.Aduhhh...bangga euy cerita nya huehehe.Oy,btw setelah aku baca salah satu resep kerenyahan kue adalah pada butternya..so aku keep pake merk ini deh.Nah,satu keuntungan udah bisa di keep :-)..so another cake pls? (ssiiipppp)

*Bahan:
375 gr mentega
175 gr gula halus
450 gr tepung terigu,diayak
150 gr kacang mete panggang,tumbuk halus
*Taburan:
200 gr gula halus,di ayak
1 sdt vanili bubuk

*Cara Membuat:
- Kocok mentega dan gula halus,sampai lembut
- Masukkan tepung terigu dan kacang tumbuk,aduk menjadi adonan yang dapat dibentuk dan tidak melekat
- Tutup dengan serbet.Simpan dalam lemari es selama 30 menit.
- Setelah 30 menit,keluarkan dan giling adonan menjadi tipis,dan cetak dengan cetakan kue bentuk apa saja (sesuai selera)
- Tata pada loyang tanpa diolesi margarin.Panggang dalam oven panas bersuhu 160 C selama 35 menit sampai matang dan kuning.Angkat,dinginkan
- Taburan:Campurkan gula halus dengan vanili bubuk
- Taruh kue dalam loyang atau wadah,taburkan campuran gula halus.Angkat.Sajikan

No comments: