Wednesday, April 11, 2007

Schotel Kentang Brokoli

Resep kali ini,aku nyontek abis dr blog kitchen-nya mba andrieanne...maap ya mba belum ijin hihi...tapi aku udah fav tuh ama decor cake and masakannya mba...eh ya pdhl kita lon knlan yah..:P ..lam kenal ya mba anne dr aku(makasih resepnya dah boleh aku contek..-->maksa!
:-p )

aku tertarik nyoba ini,karena ada potates and chiz pasti-nya.tadinya mau bikin lasagna,cuman belon smpet bli lasagna.bahan yang laen sih dah ada.Jadinya karena mirip2 bahannya,aku putuskan bikin Schotel kentang ini aja,eh ya brokoli nya td minta tolong hubby beli pulang kantor...haduhhh untung hubby sempt beliin.."makasih ya sayang".
y udah langsung aja yah liat resepnya...met ngiler :-)....


Source : Buku ‘Olahan Lezat Sayuran’ dari Primarasa

*Bahan :
300 g kentang
Air untuk merebus
½ sdt garam
300 g kuntum brokoli, siap pakai
1 sdm tepung roti
1 sdm mentega lelehSaus
1 – 2 sdm margarin
100 – 150 g bawang bombai, cincang
30 g tepung terigu
400 ml susu
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
1/8 sdt pala
½ sdt gula pasir
150 g keju parut

*Cara Membuat:
- Kukus/rebus kentang sampai matang, angkat. Kupas kulitnya selagi panas. Iris bundar tebal ½ cm, sisihkan.

- Didihkan air di dalam panci, bubuhkan garam. Masukkan brokoli, diamkan sebentar sampai agak layu, angkat, sisihkan. Panaskan oven pada suhu 180 º C. Olesi pinggan tahan panas ukuran 20 x 20 cm dengan margarin.
- Saus : Panaskan margarin di dalam wajan, tumis bawang bombai hingga layu, masukkan terigu, aduk. Kecilkan apinya, tuangi susu secara bertahap sambil diaduk hingga adonan licin. Masukkan garam, merica, pala, gula pasir, dan keju parut, aduk rata.
- Susun/atur kentang di dasar loyang. Masukkan sebagian saus. Taruh/atur brokoli diatasnya. Siramkan saus di permukaannya, ratakan.
- Taburi dengan tepung roti, lalu siramkan mentega leleh diatasnya. Masukkan pinggan ke dalam oven, panggang selama 10 menit, angkat. Hidangkan skotel selagi panas/hangat.

No comments: