Sunday, June 10, 2007

Bolu Karamel Susu

Flashback ya 'story behind the recipe'.Soale baru ngapdate blog,jadi udah aku posting duluan gambarnya,tapi belum ada detail nya.So,ceritanya begini,hari jumat tanggal 8 juni lalu,hubby pulangnya malam banget,karena ada gathering dinner dr kantornya.Karena udah minta ijin duluan,so aku dah prepare and planning tuk bikin kue aja,dr pada manyun memble sendirian.Daku cobalah untuk bikin kue,akhirnya pilihan jatuh ama resep ini.Biasa deh karena gampang (uh dasar ngga mau suseh).Pas bikin ni kue,hmmm harum banget..ampe kemana-mana deh tuh.Gw yakin pasti nenangga nyium.Hehe...Mau dikasi gimana ya,soalnya bukan kultur nya disini.Malah dibilang aneh lagi ntar :( aneh ya?!@.
And setelah jadi,ceritanya mau gw dekor pake coklat glasur,dasar sok tau,gw pake sele coklat cair (gara-gara gw liat dirak ,sayang ngga pernah dimakan)....yang ada kuenya lengket and sticky ngga keruan...huehue.Akhirnya,karena dah terlanjur..ya udah tipis-tipis aja ngepply-in nya.Pas ditaste teryata enak juga.Nah kebetluan banget hari sabtu esokkannya ada undangan makan2 di rumah orang indo yang baru nikah ama WN Canada (temporarily lives here),so gw bawa aja nih cake,buat buah tangan,plus gw bawa gift juga.Alhamduliah tuh kuenya pada suka,suaminya yang orang canada itu malah demen banget.Katanya ampe abis :) ah seneng nya kalo kue ku dimakan....So that's my story behind the recipe'



*Source: Majalah Femina Jadoel

*Bahan:
150 gr gula kastor
300 gr mentega
3 kuning telor ayam
3 putih telor, kocok hingga kaku
*Ayak:
225 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
*Karamel susu:
100 gr gula pasir
125 ml susu cair

*Cara Membuat:
- Siapkan loyang lobang tengah berdiameter 20 cm,tinggi 7 cm. Olesi margarine hingga rata san sedikit tepung terigu,ratakan.Sisihkan.
- Karamel susu: Masak gula pasir diatas api kecil hingga menjadi karamel.Masukkan susu cair, aduk-aduk hingga karamel larut.Angkat dan dinginkan.Sisihkan.
- Kocok mentega dan gula hingga lembut. Masukkan kuning telor satu persatu sambil kocok terus hingga rata dan lembut.Sisihkan.
- Masukkan adonan mentega bergantian dengan karamel susu sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu ayak sambil aduk hingga adonan rata.
- Tambahkan putih telor kocok sedikit-sedikit sambil aduk cepat hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang dalam oven panas suhu 180 selama 30 menit hingga mengembang dan matang. Angkat.
- Keluarkan bolu dari loyang.Jika suka tutup kue dengan coklat glasur,kemudian potong-potong.

No comments: